Kisah Sufi - Abu Hafshin dan Abu Thurab, manakah yang akan menang antara pengetahuan dan kepastian.

.
.
-- -->
kisahsufidanmutiarahikmah.com - Abu Hafshin Alhadad adalah seorang tokoh sufi kenamaan dari nishapur, selain menjalin persahabatan dengan Imam junaid Al-bagdadi Abu Hafshin juga bersahabat dengan As-syibli dan banyak tokoh sufi lainnya dari berbagai daerah.

pada kesempatan kali ini penulis akan menceritakan kisah hidup dari Abu Hafshin yang sedang dalam perjalanan menempuh padang pasir bersama seorang tokoh sufi lainnya yang bernama Abu Thurab. seperti yang kita ketahui kehidupan para sufi memiliki hikmah yang berharga jika kita bisa memahaminya.
ucapan yang keluar dari mulut mereka bukanlah sembarang ucapan, melainkan mengandung hikmah dan kebijaksanaan yang berharga dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini.
perbuatan-perbuatan mereka pun patut di teladani, dalam menjalani hidup mereka sangatlah berserah diri kepada Allah S.W.T.

Suatu hari, ketika Abu Hafshin menjalani ekstase spritualnya. Abu Hafshin berangkat dari nishapur untuk melakukan sebuah perjalanan, namun ketika Abu Hafshin melewati lautan padang pasir yang luas, ia bertemu dengan salah seorang sahabatnya yang juga seorang tokoh sufi yang bernama Abu Thurab.
kedua sahabat itupun berjalan bersama-sama. mereka sudah memasuki hari ke enam belas dalam perjalanan mereka tanpa makan dan minum sedikitpun.
dan meskipun seperti itu mereka tetap terus melanjutkan perjalanannya, mereka terus berjalan hingga tampak lah dari kejauhan oleh mereka sebuah telaga.
maka tentulah mereka sangat ingin melepaskan dahaga mereka dengan meminum air yang ada dalam telaga itu. mereka terus berjalan ke arah telaga itu, akan tetapi tiba-tiba Abu Hafshin menghentikan langkahnya sambil merenungkan sesuatu yang ada dalam pikirannya.

melihat sahabatnya yang dalam keraguan dengan apa yang di lihatnya maka bertanyalah Abu Thura kepada Abu Hafshin '' apakah gerangan yang menyebabkan engkau berhenti berjalan wahai sahabatku Abu Hafshin ? bukankah telaga itu sudah semakin dekat dengan kita ?
'' aku hanya ingin menyaksikan, manakah yang akan menang di antara dua hal yang sedang kupikirkan ini pengetahuan dan kepastian sehingga dapat kupilih yang menang di antara keduanya. dan jika pengetahuan yang menang, aku akan meminum air telaga itu. akan tetapi jika kepastian yang menang aku akan terus berjalan '' jawab Abu Hafshin.

maka semerta-merta berpikirlah Abu Thurab dan kemudian berkata kepada Abu Hafshin '' wahai sahabatku, engkau pasti akan mendapatkan kemajuan dalam mencari kebenaran sejati ''
di dalam kisah ini dinyatakan bahwa pengetahuan selalu berada dibalik kepastian, kepastian lah yang akan selalu mendalangi pengetahuan. pengetahuan hanyalah sebuah cara bagi kita untuk menafsirkan sebuah kepastian.

demikianlah sekelumit kisah dari seorang tokoh sufi kenamaan yang bernama Abu Hafshin, dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua..amin..!!

terimakasih kami ucapkan atas kunjungannya ke situs www.kisahsufidanmutiarahikmah.com

baca juga kisah sufi lainnya :
kisah Abu Said al-kharaz  silidah sufisme yang ditentang golongan esoterik
.
.
-->

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Sufi - Abu Hafshin dan Abu Thurab, manakah yang akan menang antara pengetahuan dan kepastian."

Post a Comment