kisah sufi - Ibrahim Bin Adham dan orang asing yang mencari unta di atas atap istananya.

.
.
-- -->
kisahsufidanmutiarahikmah.com - Ibrahim Bin Adham dulunya adalah seorang raja di sebuah kerajaan di balk,Iraq.
Daerah kekuasaannya sangatlah luas, kerajaannya sangat berjaya pada masa pemerintahannya.

Sebagai seorang raja yang hidup di istana kehidupan Ibrahim Bin Adham sangatlah mewah bahkan kemana pun ia pergi empat puluh buah pedang emas dan empat puluh buah tongkat emas kebesarannya selalu di bawa pengawal di depan dan belakangnya.
ia adalah seorang raja yang di segani oleh seluruh rakyatnya, sebab jiwa santun yang dimilikinya sebagai seorang raja.

Ibrahim juga dikenal sebagai seorang yang rendah hati, hatinya selalu berkata-kata melihat kemewahan yang ada di sekelilingnya.
pernah suatu malam ketika ia tertidur di atas ranjangnya yang mewah dan berselimut bulu domba yang halus ia mendengar suara gaduh di atas atap kamar tidurnya, suara seperti seorang yang sedang berjalan mondar mandir karena gusar.
Mendengar suara itu maka terbangunlah ibrahim bin adham dari tidurnya, kemudian ia berseru :

'' siapakah gerangan yang ada di atas atapku pada saat tengah malam seperti ini ? '' tanya ibrahim.

'' seorang sahabat yang tengah gundah, sebab untaku hilang dan aku sekarang sedang mencarinya di atas atap ini '' terdengar jawaban oleh ibrahim dari seseorang yang berada di atas atapnya.

''goblok !! engkau hendak mencari unta di atas atap ??? mana mungkin akan bertemu, kenapa tidak kau cari saja di padang rumput sana, mungkin saja ontamu sedang makan rumput-rumput yang ada di sana '' seru ibrahim.

kemudian orang itu menjawab '' wahai manusia yang lalai !! apakah kau hendak mencari Allah dengan berpakaian sutera, tidur diatas ranjang yang empuk, kemudian berkeliling dengan membawa-bawa tongkat emas kebesaranmu itu ??

tersadarlah ibrahim, ia tertegun mendengar sebuah kebenaran yang dikatakan orang tadi.
suara orang yang tak di kenal itu memang benar-benar menggetarkan hati ibraahim, ia sangat gelisah sampai-sampai ia tak bisa lagi untuk meneruskan tidurnya.
suara itu menyadarkan ibrahim akan satu hal, hati ibrahim menyadari bahwa kemegahan duniawi tak akan pernah bisa mengantarkannya kepada tuhannya, melainkan lebih dekat menjerumuskannya kepada keterlenaan akan kemegahan yang di dapatnya, sehingga hidupnya berkubang dalam kesombongan serta sifat riya.

demikianlah sebuah kisah hidup dari seorang sufi yang bernama Ibrahim Bin Adham pada awal mula sebelum ia memulai pertaubatannya, semoga pembaca yang budiman dapat mengambil secuil hikmah dari apa yang di siratkan oleh sepenggal kisah tadi.
dan semoga kita semua selalu berada dalam petunjuk dan bimbingannya ke arah jalan yang benar, jalan lurus yang selama ini kita idam-idamkan.
amin, Allahumma amin...!!

barakallahu fikum...!!!

terimakasih atas kunjungannya ke kisahsufidanmutiarahikmah.com

baca juga kisah sufi lainnya :
abu bakar al-kattani dan muridnya yang sekarat
.
.
-->

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "kisah sufi - Ibrahim Bin Adham dan orang asing yang mencari unta di atas atap istananya."

Post a Comment