peradaban dunia pada abad ke-6 sebelum kedatangan nabi Muhammad s.a.w

.
.
-- -->
kisahsufidanmutiarahikmah.com - Pada abad ke-6 masehi yang secara umum memang sudah di akui bahwa pada abad tersebut merupakan sebuah tahapan yang paling gelap dalam sejarah peradaban umat manusia.
nilai-nilai kemanusiaan pada masa itu hampir berada pada dasar jurang kehancuran yang paling dalam, sebab telah berlangsung selama berabad-abad sebelumnya dan pada saat itu tak ada satupun kekuatan dunia yang mampu menyelamatkannya.
dan di dalam kemajuan yang rawan itu, yakni dari mulai melupakan tuhan sampai kepada melupakan diri, pada saat itu manusia memang benar-benar sudah kehilangan tambatan hatinya. ajaran nabi telah dilupakan, cahaya yang dulu mereka nyalakan telah hampir padam dihembus badai kehancuran moral. hanya sebagian kecil saja manusia yang ada pada saat itu  mendapatkan pancaran cahaya yang hampir padam tersebut.
sementara sebagian dari mereka berada dalam ketidak acuhan dan kepasrahan. sebab mereka telah menjadi pihak yang kalah dalam sebuah pertempuran antara '' keagamaan '' dan '' kebendaan ''.
mereka mengunci diri mereka kedalam biara-biara atau pergi ke hutan belantara untuk mengasingkan diri.

sedangkan mereka yang masih bercokol dalam pusaran kehidupan, menggabungkan diri ke dalam kelompok-kelompok yang berkuasa di negrinya.
mereka ikut dalam membantu para penguasa tersebut dalam memenuhi hawa nafsu angkara murka mereka serta ikut ke dalam pemeliharaan sistem-sistem politik dan ekonomi yang sudah jelas-jelas sangat rusak.
mereka mengambil keuntungan-keuntungan dari harta-harta rakyat yang tertindas.
bangsa romawi dan bangsa persia masing-masing menguasai belahan barat dan timur sangat menikmati monopoli kepemimpinanya.
mereka juga telah tenggelam kedalam keadaan moral yang telah mencapai pada titik nadir kemanusiaan.
mereka berkubang kedalam keburukan-keburukan yang sangat parah dan berada dalam sebuah peradaban yang sangat parah.
kekaisaran mereka justru malah menjadi pusat kekacauan dari peradaban itu sendiri.
kelompok mereka yang memerintah malah jatuh kedalam kegilaan dalam hal berkuasa, mereka larut ke dalam perbuatan yang memperturutkan keinginan hati,ugal-ugalan,pesta pora dan pemuasan hawa nafsu lainnya.
sedangkan mereka yang berada pada kelas menengah sangat bangga meniru mode dan cara hidup para elit tersebut.
dan sebagian besar lagi dari mereka hidup dalam kemiskinan yang parah, mereka hidup dan bekerja seperti binatang ternak yang di peras tenaganya, sementara kelompok lain hidup mewah dengan berdiri di atas pundak mereka.
strafikasi sosial pada abad itu memang sangatlah mengerikan, perbudakan meraja lela.
banyak di antara sejarawan yang menganggap bahwa abad ke-6 ini adalah abad di mana peradaban manusia menuju tingkat yang sangat memalukan.
para kaum yang berkata mereka adalah ''agamawan'' memang benar-benar menganggap bahwa agama adalah sesuatu yang menarik untuk dipermainkan.
mereka menukar daan menyelewengkan ajaran agama yang ada pada saat itu.
mencampur adukkan dengan hasil pemikiran mereka  yang ambisius, sehingga hilanglah jejak-jejak kebenaran pada masa itu di setiap ajaran.
semua yang ada hanyalah ambisi demi mencapai kepentingan mereka yang tak lain adalah '' kekuasaan, kejayaan '' bagi mereka sendiri.

demikianlah gambaran singkat tentang keadaan dunia pada abad ke-6 tepat satu abad sebelum lahirnya pembawa cahaya bagi semesta alam, yakni seorang Rasul Allah yang bernama Muhammad s.a.w.
pada zaman itu memang '' islam datang dengan keadaan asing '', dan dengan keadaan seperti itu lah nabi Muhammad s.a.w berjuang demi tegaknya sebuah kebenaran di muka bumi ini, begitu besar jasa beliau kepada kita, mereka dan dunia ini. akan tetapi pernahkah kita mau menyadarinya ??
atau dengan melakukan semua yang diajarkannya ???
marilah kita pertanyakan masing-masing kediri kita..

Allahumma shalli'ala muhammad, wa'alaa aali muhammad..!!!

terimah kasih atas kunjungannya ke www.kisahsufidanmutiarahikmah.com.



.
.
-->

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "peradaban dunia pada abad ke-6 sebelum kedatangan nabi Muhammad s.a.w"

Post a Comment