Buku Dari Penjara ke Penjara oleh Tan Malaka

.
.
-- -->
kisahsufidanmutiarahikmah.com - Tan Malaka atau yang memilik nama asli Datuk Ibrahim Sutan Malaka ini dilahirkan di nagari Pandan Gadang, suliki, sumatera barat pada tanggal 2 juni 1897.
ia dibesarkan dalam lingkungan kebudayaan Minangkabau yang sangat kuat keterikatanya dengan agama islam, sehingga tak ayal jika Tan Malaka muda yang pada saat itu menginjak usia 16 tahun sudah hafal Al-quran.
dalam perjalanannya hidupnya, sudah begitu banyak buku yang ia hasilkan. diantaranya adalah buku Madilog yaitu sebuah buku yang bercerita bagaimana pola berpikir. dan dengan buku itu ia dianggap sebagai satu-satunya filsuf dari Indonesia oleh sebagian orang.
dan kemudian buku Naar De Republik yaitu sebuah buku yang berisi gagasannya tentang berdirinya republik Indonesia. dan dengan buku ini jugalah ia mendapat julukan founding father-nya Indonesia oleh sebagian orang.
dan ada satu lagi buku Tan Malaka yang menjadi satu-satunya buku yang menceritakan kisah hidupnya dalam perjuangannya melawan imperialis sebelum ditetrbitkan buku autobiografinya oleh Harry Albert Poeze, seorang sejarawan belanda yang cukup tersohor.
satu kenyataan tentang buku ini yang membuat hati kita menahan pedih ialah bahwa kenyatannya buku ini ditulis oleh Tan di balik jeruji besi, serta di dalam pengejaran tentara Indonesia yang menganggapnya sebagai orang yang harus disingkirkan.

buku Dari Penjara ke Penjara terdiri atas dua jilid. buku ini menceritakan bagaimana perjalanan hidup Tan Malaka di Hindia-Belanda, eropa, fhilipina, tiongkok, dan kemudian kembali ke Indonesia.
buku yang ditulis oleh Tan Malaka pada tahun 1948 ini juga menceritakan bagaimana kondisi kuli kontrak pada maskapai perkebunan di Deli yang ditekan dibawah kaki tuan-tuan kebun yang kejam. dan dibuku tersebut Tan juga menyatakan protesnya terhadap penulisan sejarah di Indonesia yang menurut pendapat Tan hanyalah berdasarkan khayalan semata.

dan itulah secuil dari apa yang ditulisn Tan Malaka dalam buku tersebut. untuk mengetahui lebih lanjut silahkan cari buku tersebut pada link-link download yang banyak disediakan dalam situs download yang ada.

terima kasih banyak atas kunjungannya ke www.kisahsufidanmutiarahikmah.com

.
.
-->

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Dari Penjara ke Penjara oleh Tan Malaka"

Post a Comment