kisah Al-halajj dipenjarakan akibat perkataannya ( ana Al-haq) yang membuat gusar banyak orang

.
.
-- -->
kisahsufidanmutiarahikmah.com - Abul Mughits bin Mansyur Al-halajj adalah seorang tokoh sufi yang sangat kontroversial, ia memberikan dakwah kepada orang-orang dengan bahasa yang sangat membingungkan.
dalam perjalanan hidupnya Al-halajj banyak melakukan pengembaraan ke berbagai negara dunia. diriwayatkan, Al-halajj juga banyak berguru kepada tokoh sufi-sufi besar seperti Imam Junaid Al-bagdadi dari Iraq, Sahl bin Abdullah dan Amru bin utsman. ia berguru kepada Sahl bin Abdullah selama dua tahun dan kemudian kepada Amru bin Utsman selama delapan belas bulan. dan juga Al-halajj menjalin persahabatan dengan para tokoh sufi lainnya, diantaranya adalah Ibnu Atha, Ibnu Khafif dan juga Assybli.
Al-halajj juga dikenal sebagai seorang tokoh sufi yang giat memperkenalkan konsep ittihad dan wihdatul wujud dalam setiap kutbahnya.
ia kemudian menerima hukuman mati akibat dari perkatannya sendiri pada tanggal 28 maret 913 M, disaat itu ia berkutat menyebut dirinya ''Al-haq''. padahal ketika ia mengatakan itu sebenarnya ia dalam keadaan kemabukannya dengan Allah.
banyak orang yang berusaha memberinya peringatan, akan tetapi Al-halajj tetap saja bersikukuh dengan keyakinannya itu.

''katakanlah wahai Al-halajj, hanyalah Dialah Al-haq'' kata orang-orang itu kepada Al-lajj, agar Al-halaj sadar dengan kekeliruannya.

''ya, tak lagi ku pungkiri, memang hanya Dialah segalanya, dan kalian mengatakan bahwa Dialah yang telah hilang, padahal tidak, sesungguhnya Al-haljj itulah  yang telah hilang, itu sama saja laksana samudera yang tidak akan pernah menyusut airnya.'' jelas Al-halajj

lantas orang-orang yang menyaksikan Al-halajj berkata seperti itu pun bingung, kemudian mereka melaporkannya kepada Imam Junaid Al-bagdadi yang juga pernah menjadi guru bagi Al-halajj itu sendiri.
''kata-kata Al-halajj itu mengandung makna esoterik wahai guru'' kata mereka kepada Imam Junaid Al-bagdadi.
dalam hal ini sebagai seorang yang pernah mengajari Al-halajj,Imam junaid pun merasa kurang setuju dengan apa yang dilontarkan oleh Al-halajj. akan tetapi Imam JUnaid paham dengan apa yang dialami Al-halajj.

dan kemudian para kelompok-kelompok teologi yang menentang Al-halajj pun melaporkan apa yang diucapkan Al-halajj kepada wazir Ali BIn Isa, mereka menyampaikan pengaduan mereka dengan memutarbalikkan perkatannya kepada Al-halajj. sehingga wazir Ali bin Isa pun berhasil mereka pengaruhi agar menentang Al-halajj.
dengan demikian, Al-halajj pun ditangkap dan kemudian dikurung didalam penjara.  walaupun demikian, akan tetapi banyak juga murid Al-halaj yang datang menjenguknya seraya meminta nasehat-naasehat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tengah mereka hadapi kepada Al-halajj.
menyikapi banyaknya orang yang ingin mengunjungi Al-halajj tersebut maka khalifah pun memberikan larangan untuk tidak boleh lagi mengunjungi Al-halajj. walhasil Al-halajj pun selama 5 bulan tak ada lagi yang mengunjunginya selain Ibnu Atha dan Ibnu Khafif, masing-masing sekali saja.

dan suatu ketika, Ibnu Atha mengirimkan surat kepada Al-halajj '' wahai Abul Mughits bin Mansyur Al-halajj, mohonkanlah olehmu ampunan karena kata-kata yang telah terlanjur engkau lontarkan itu sehingga dirimu bisa dapat dibebaskan kembali'' tulis Ibnu Atha tersebut didalam suratnya.

mendapat surat yang isinya sperti itu maka Al-halajj pun membalasnya '' katakanlah wahai Ibnu Atha, siapakah yang menyuruhku kiranya untuk meminta ma'af, dan salah apa pulakah diriku,sehingga engkau menyuruhku meminta ampunan itu. '' balas Al-halajj di dalam suratnya kepada Ibnu Atha.

mendapati jawaban seperti itu maka menangislah Ibnu Atha,  dan kemudian dalam isaknya ia berkata '' sesungguhnya, bila dibandingkan dengan Al-halajj, kita ini lebih hina dari debu''.

demikianlah kisah Al-halajj dipenjarakan akibat perkatannya (ana Al-haq) yang membuat gusar banyak orang kami tuliskan, dan kisah ini sebenarnya hampir-hampir serupa dengan kisah sufi dinusantara yaitu dengan kisah Syekh Siti Jenar yang lekat dengan konsep manunggaling kawula gustinya.

semoga apa yang dikisahkan di dalam tulisan ini bisa bermanfaat bagi kepada kita. dan dengan segenap kerendahan hati kami mohonkan kepada Allah, agar hati kita selalu berada di dalam perlindungan serta penjagaan-Nya.
amin...!!

terimakasih atas kunjungannya ke situs milik kami kisahsufidanmutiarahikmah.com
barakallahufikum..!!!

baca juga kisah sufi lainnya :
kisah al-halajj membebaskan tahanan khalifah dengan satu gerakan isyarat jari



.
.
-->

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "kisah Al-halajj dipenjarakan akibat perkataannya ( ana Al-haq) yang membuat gusar banyak orang"

Post a Comment