Kisah Sufi - Ahmad bin Harb mengajarkan anaknya bertauhid

.
.
-- -->
kisahsufidanmutiarahikmah.com - Ahmad bin Harb adalah salah seorang tokoh sufi yang terkenal dari nishapur.
ia juga merupakan seorang perawi hadist yang bisa dipercaya. ia meninggal di bagdad pada tahun 234 hijriah/849 masehi pada usia yang cukup panjang yakni saat berusia 85 tahun.
di sa'at hidupnya Ahmad bin Harb banyak menemui kejadian-kejadian yang mencengangkan, termasuk dirinya sendiri.
dikisahkan pernah suatu waktu saat putra Ahmad bin Harb masih kecil ia dikejutkan oleh perbuatan anaknya yang masih kecil itu.
berikut penulis kisahkan bagaimana kisah tersebut dimulai.

ketika anak lelaki Ahmad bin Harb masih kecil, ia selalu mengajari anaknya tersebut agar selalu percaya kepada Allah.
dan ia juga selalu berpesan kepada anaknya '' setiap kali engkau menginginkan sesuatu, apakah itu makanan ataupun minuman, pergilah kejendela itu dan memohonlah kepada Allah untuk meminta apa pun yang engkau mau itu ''

jadi setiap kali anak lelakinya pergi ke jendela seraya meminta sesuatu, maka Ahmad bin Harb pun menyiapkan sesuatu yang diminta anak lelakinya itu di balik jendela.
maka bergirang hatilah sang anak sebab apa yang menjadi permintaannya selalu terkabul.
dan hal seperti itu terus berlangsung lama.

dan pada suatu hari saat ketika Ahmad bin Harb dan istrinya pergi, putranya pun merasa lapar. maka seperti biasa ia pun pergi ke jendela dan berkata '' ya Allah ya tuhanku semata-mata, aku sekarang dalam keadaan lapar, dan aku minta sepotong roti ''
seketika itu juga dia pun menerima sepotong roti sesuai dengan apa yang di kehendakinya.
ia pun memakannya dengan lahap roti pemberian Allah itu. dan di saat kedua orang tuanya pulang betapa kagetnya mereka melihat putranya sedang makan roti tanpa ada yang menemani.
kemudian ayahnya yakni Ahmad bin Harb pun bertanya '' darimanakah engkau memperoleh roti ini duhai anakku tersayang ? ''
'' dari Dia ( Allah ) yang telah memberiku roti ini setiap harinya sepeti biasa '' jawab anaknya polos.
dan kemudian akhirnya Ahmad dan istrinya pun sadar jikalau anaknya telah mantap di atas jalan kesalehan.
kisah putra Ahmad bin Harb di atas setidaknya mirip dengan kejadian yang dialami oleh siti maryam ketika berada di dalam mihrabnya seorang diri yang saat itu pintunya dikunci dari luar oleh ayah angkatnya, yakni nabi Zakaria a.s.

demikianlah dikisahkan tentang bagaimana cara dari seorang tokoh sufi yang bernama Ahmad bin Harb dalam mengajari anaknya bertauhid, sehingga tak ada lagi keraguan anaknya terhadap Allah.
dan buat pengunjung yang budiman, kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya karna telah berkunjung ke situs kisah sufi dan mutiara hikmah , sekali lagi TERIMAKASIH.
.
.
-->

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Sufi - Ahmad bin Harb mengajarkan anaknya bertauhid "

Post a Comment