Taukah kita makna yang terkandung dibalik symbol merpati pada tugu perdamaian di pantai Muaro Lasak kota Padang..!!

.
.
-- -->
Tugu Perdamaian - Bagi yang berdomisili di daerah kota Padang, siapa yang tak kenal dengan patung berbentuk burung merpati ini ? yang diresmikan langsung oleh Presiden kita pada tnggal 12 april 2016 lalu.
patung yang sering disebut-sebut sebagai tugu perdamaian, dengan menyisipkan bola dunia dibawah selangkangannya. mungkin kita tak banyak yang tahu dengan penggunaan symbol merpati pada tugu ini, yang menurut desas desus angin sekitar kita membisikkan bahwa symbol itu merupakan symbolnya orang-orang kristen. dan kenyataan seperti itu pun tak dapat dipungkiri, sebab pada islam tak pernah ada yang namanya symbol-symbol.
untuk menyikapi hal itu, marilah kita bicarakan sedikit tentang bagaimana pemahaman orang-orang kristen terhadap symbol burung merpati tersebut serta bagaimana agama islam memberikan '' umpama '' terhadap seekor burung.

sebenarnya sudah beribu-ribu tahun yang lalu burung merpati sudah menjadi symbol yang sangat dekat dengan sifat-sifat ketuhanan, dari zaman kuno hingga sampai saat ini.
di daerah timur dekat dan daerah mediterania, burung merpati dilambangkan sebagai symbol dewi ibu ( dewi kesuburan ). symbol merpati bagi mereka juga dianggap mewakili sifat feminin,prokreasi dan kesuburan.
sedangkan di kerajaan Roma, symbol merpati sangat erat hubungannya dengan dewi yang membawa keberuntungan yaitu dewi Fortuna dan dewi Venus.
sehingga disetiap patung dewi-dewi tersebut selalu ada symbol merpati baik itu di tangan maupun di kepala mereka.

Di dalam alkitab ibrani, juga banyak ditemukan symbol burung merpati ini. orang israel kuno ( yahudi ) percaya bahwa merpati mewakili dewi Asyera, yaitu dewi yang dipercaya sebagai permaisuri dewa mereka '' Yahweh ''. jadi wajar saja jika akhirnya symbol merpati juga diadopsi oleh kristen di kemudian harinya.
sedangkan didalam kitab kejadian 8:8-12 juga menceritakan tentang merpati yang disuruh oleh Nuh untuk melihat daratan, dan kemudian burung tersebut kembali dengan membawa ranting zaitun yang menandakan hukuman tuhan telah berakhir. dan dari sinilah merpati mulai dianggap sebagai symbol yang mewakili perdamaian oleh kaum yang meyakini kitab tersebut.
dan pada kitab new testament/perjanjian baru pada pasal 3 ayat 16 menyatakan bahwa burung merpati mewakili Roh kudus.

Sementara di dalam islam dari Abu Hurairah, Rasuallah s.a.w bersabda yang artinya '' akan masuk syurga suatu kaum yang hati mereka seperti hati burung. '' (HR.Muslim no 2840 ). hadist tersebut menyampaikan kepada kita bahwa hati burung itu adalah hati yang lemah lembut dan dipenuhi rasa takut akan kebesaran Allah.
dan ada pula sebagian dari para ulama yang mengatakan bahwa hati burung merupakan hati yang bertawakkal, itu merujuk kepada hadits dari Umar bin Khattab, ia mengatakan bahwa Rasullah s.a.w bersabda '' seandainya kalian benar-benar bertawkkal pada Allah, tentu kalian akan diberi rezeki sebagaimana burung diberi rezeki, ia pergi di pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali disore hari dalam keadaan kenyang.
dapat disimpulkan bahwa di dalam islam burung di jadikan sebagai umpama untuk makhluk yang memiki hati lemah lembut serta bertawakkal pada Allah.

Dan dari apa yang sudah kita bahas di atas dapat kita simpulkan bahwa memang symbol burung merpati tersebut di pakai oleh agama kristen sebagai symbol kasih sayang, perdamaian, pengorbanan dan roh kudus. sedangkan di dalam islam burung dijadikan sebagai umpama untuk mewakili sifat lemah-lembut serta ketawakkalan terhadap Allah.
jadi, mulai dari sini penulis serahkan sepenuhnya kepada pembaca, bagaimanakah pembaca memahami makna tugu merpati tersebut.
sebagai muslim-kah, atau justru sebaliknya.
yang menjadi perbedaannya hanyalah bagaimana cara kita memandang, jika kita melihat tugu tersebut dan yang terlintas dalam pikiran kita adalah roh kudus, maka sebaiknya cepat-cepatlah kita istighfar.
akan tetapi jikalau sebaliknya, maka saya sangat yakin bahwa saudara adalah seorang muslim sejati..
demikianlah yang dapat penulis informasikan setentang makna dari symbol burung merpati pada tugu perdamaian tersebut, dan semoga kita selalu di dalam lindungan dan limpahan rahmat-Nya.
barakallhu fikum..!!!

terima kasih atas kunjungannya ke www.kisahsufidanmutiarahikmah.com.
.
.
-->

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taukah kita makna yang terkandung dibalik symbol merpati pada tugu perdamaian di pantai Muaro Lasak kota Padang..!!"

Post a Comment