cara berwudhu

.
.
-- -->
kisahsufidanmutiarahikmah.com - dalam rukun islam yang shalat adalah salah satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah s.w.t, jadi pertanyaanya disini ialah bagaimana cara untuk kita memulainya/melaksanakannya. shalat yang wajib bagi kita adalah lima kali sehari semalam, mulai dari shubuh sampai malamnya lagi. yaitu, shalat shubuh,shalat dzuhur, shalat ashar, shalat maghrib, dan shalat isya.

sebelum kita masuk kepada pelaksanannya tentu kita harus mengetaui bagaimana keadaan kita sebelum memulainya, sebelum mulai melaksanakan shalat kita di perintahkan dulu untuk bersuci/taharrah. bersuci adalah termasuk syarat syah untuk melakukan shalat, jika seandainya kita melaksanakan shalat tanpa sebelumnya bersuci dahulu, maka shalat kita tentulah tidak akan syah, biarpun yang mempunyai hak mutlak untuk syah dan tidak syah itu sebenarnya hanya Allah s.w.t.
meskipun begitu, Allah juga telah memberi kita ketentuan-ketentuan sebelum melaksanakan shalat tersebut melalui rasulnya yakni Muhammad s.a.w. dan jika seandainya kita berada ditempat yang sulit mendapatkan air sekalipun kita tetap diperintahkan untuk berwudhu/taharrah yaitu dengan cara bertayamum yang insyaallah akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

baik pada kesempatan kali ini saya akan membahas masalah berwudhu, bagaimanakah seharusnya (baik dan benar ) cara berwudhu itu. tentu waktu kecil dulu sebenarnya kita telah mempelajari hal tersebut, dan saya sangat yakin akan hal itu. sekedar untuk mengingatkan kembali disini saya akan bahas lagi bagaimana cara berwudhu yang baik dan benar tersebut.
sebelum berwudhu terlebih dahulu kita harus membersihkan segala najis yang ada pada badan kita.

cara berwudhu adalah sebagai berikut :

1. membaca basmalah
bacalah terlebih dahulu bismillah Bismillahrrahmanirrahim. yang artinya yaitu '' dengan menyebut dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang ''
dan setelah itu basuhlah kedua tangan hingga pergelangan sampai benar-benar bersih.

2. membersihkan mulut
selesai membasuh tangan kemudian berkumurlah dengan air sebanyak tiga kali sambil.

3. membersihkan lubang hidung
selesai berkumur kemudian basuhlah lubang hidung sebanyak tiga kali dengan cara memsukkan air kedalam lubang hidung kita sau persatu.

4. melafazkan niat berwudhu
dan jika kita telah selesai mencuci lubang hidung barulah kita lafazkan niat untuk berwudhu.
niatnya yaitu :
'' NAWAITUL WUDLUA LIRAF'IL HADATSIL ASGHARI FARDLAN LILLAHI TA'ALAA ''
yang artinya adalah sebagai berikut : '' sengaja aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil, fardlu karena Allah ''

5. membasuh muka
setelah selesai kita melafazkan niat tadi barulah kita mulai membasuh muka kita sebanyak tiga kali. basuh disini bukan hanya mencipratkan air kemuka saja akan tetapi lebih kepada mengusapkan dengan sedikit memberi tekanan, ini dimaksudkan agar muka kita benar-benar bersih dari kotoran yang menempel. pastikan semua bagian muka untuk terkena air wudhu.

6. membasuh tangan hingga siku
dan selanjutnya jika kita telah selesai membasuh muka, maka basuhlah tangan dengan air hingga sampai batas kedua siku kita sebanyak tiga kali. jangan lupa sela jari juga ikut dibersihkan, usahakan airnya dibasuhkan merata pada kedua tangan.

7. menyabu sebagian kepala
setelah selesai membasuh kedua tangan tadi kemudian dilanjutkan dengan menyapu sebagian kepala dengan air sebanyak tiga kali.

8. membasuh dua dan telinga
setelah kita selesai membasuh tangan kemudian basuhlah kedua daun telinga dangan air sebanyak tiga kali, caranya yaitu dengan mengikuti alur-alur yang ada dalam daun telinga luar dan telinga dalam dengan air. pastikan setiap bagian daun telinga agar terkena air wudhu.

9. membasuh kedua kaki
setelah kita selesai membasuh kedua daun telinga kita barulah kita lanjutkan untuk membasuh kedua kaki kita hingga ke dua mata kaki sebanyak tiga kali juga. basuh disini sangat tidaklah sama dengan siram-menyiram, basuh maksud saya disini yaitu dengan cara mengusapkan dengan ssedikit tekanan hingga kaki kita benar-benar bersih dari segala kotoran yang menempel. ketika kita membasuh kaki tak lupa kita juga kita harus membersihkan sela-sela jari kaki kita. hal ini sangat sering terlewatkan oleh orang kebanyakan. pastikan agar semuanya terkana air wudhu.

nah, kalau beberapa cara atau adab berwudhu diatas telah selesai kita kerjakan, selanjutnya bacalah do'a selesai berwudhu seperti berikut :
'' ASYHADUANLAILAHAILLAHU WAHDAHULAA SYARIIKALAHU WAASYHADU ANNA MUHAMMADAN ABDUHU WA RASUULUH, ALLAHUMMA JA'ALNI MINAT TAWWABINA, WAJ'ALNI MINAL MUTATHOHHIRINA WAJ'ALNI MIN'IBADIKASH SHOLIHINA ''
yang artinya adalah : '' aku bersaksi sesngguhnya tiada tuhan selain Allah dan tidak ada satupun yang menyekutui bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusannya. yaa Allah, jadikanlah aku orang yang bertaubat dan jadikanlah aku orang yang suci serta jadikanlah aku menjadi salah satu orang yang shaleh. ''

dan jika langkah-langkah diatas telah selesai kita laksanakan barulah kita diperbolehkan untuk melaksanakan shalat fardhu.

demikianlah cara berwudhu telah kami tuliskan seperti diatas. semoga bermanfaat bagi pembaca.
salam ukhuwah islamiyah, barakallahu fikumm..!!!

terima kasih atas kunjungannya ke kisahsufidanmutiarahikmah.com
.
.
-->

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara berwudhu"

Post a Comment